Sabtu, 16 Juni 2012

Pertemuan Pertama

Hola hola o/


Tumben nih nge-post lagi *ngomong sama kaca*. Ehehe mendadak saya kepikiran hal yang nanti saya tulis di post ini. Yap. Sesuai judul; Pertemuan Pertama. Maka saya akan menceritakan tentang pertemuan pertama dengan seseorang yang telah merubah hidup saya. *ceilah bahasanya*


Pertemuan ini terjadi pada tahun 2005. Ketika itu saya sedang membaca majalah Animonster edisi 79. Beberapa menit setelah membaca bahasan tentang Tsubasa RESERVoir CHRoNiCLE (saya nggak alay; tulisannya memang begitu) di rubrik On Stage, saya membaca bahasan lain dan saya pun sampai di rubrik Let Me Leave Theeh bukan, maksud saya Let Me Tell You a Story. Di rubrik itu saya membaca sebuah fanfiksi (yang sempat saya kira bahasan lanjutan) tentang Sakura Hime dan Syaoran dari Tsubasa RESERVoir CHRoNiCLE yang berjudul Lelah karya Dip-chan. Karena ketidak tahuan saya bahwa yang saya baca itu adalah fanfiksi, saya kira sih itu adalah bahasan dari serial tersebut. Eh, tidak tahunya, ternyata itu adalah sebuah fanfiksi. Dari situlah pertemuan pertama saya berlangsung.

Ha? Jadinya maksud dari post ini adalah saat pertama menemukan dan membaca fanfiksi sampai sekarang ini?

Ya iyalah. Anda kira apa coba =w= Habisnya saya baru kepikiran dan teringat kalau saya itu udah baca fanfic sejak SD ternyata. Padahal nemu situs FFn saja baru pas lulus SMP #dor. Dan ngomong-ngomong, saya baru sadar beberapa hari atau bulan atau tahun kalau itu namanya fanfic pas saya lihat di bawah judulyang tidak saya sadari sebelumnyabahwa ada Disclaimer dan tulisan fanfic gitu. Bego ya saya. #plok


Hal yang sama terjadi ketika saya membaca fanfic Loveless dengan pair SoubiRitsuka yang berjudul Dreams and Reminiscence karya pratz yang sekaligus menjadi fanfiksi slash pertama yang saya baca. Dan kerennya, saya baca pas saya masih kelas 5 SD (Januari 2006). Wao banget gue, pikir saya pas baru sadar kalau saya udah baca fanfic slash di umur yang segitu ==". Awalnya saya pikir, itu juga merupakan bahasan selanjutnya atau spoiler (karena saya saat itu juga udah tahu kalau Loveless itu memang serial BL karena baru sadar kalau Ritsuka itu cowok, bukan cewek #dibuang. Dan saya sempat kaget mengetahuinya.), ternyata itu juga fanfic hasil terjemahan karena aslinya adalah fanfic berbahasa inggris di FFN juga. Fanfic-nya ringan dan memang boy's love, bukan yaoi. #yakaloyaoimanamungkinlulussensor

Setelah saya tahu kalau itu fanfic, saya langsung ngebongkar tumpukan majalah Animonster di lemari dan nyari satu-satu rubrik Let Me Tell You a Story tersebut. Dan ternyata hanya sedikitkarena memang, rubrik tersebut bukan rubrik yang wajib ada. Dari hasil pencarian saya, saya hanya menemukankayaknyaempat fanfiksi dan masing-masing dengan pair YohAnna (Shaman King), no-pairkayaknyatapi dengan karakter Daisuke Niwa dan Dark (D.N. Angel), SoubiRitsuka di atas (Loveless) dan SyaoranSakura di atas (TRC). Dan mendadak saya merasa pengen baca lagi cerita-cerita seperti itu, dan berharap rubrik Let Me Tell You a Story dirutinkan. Tapi apa daya, rubrik tersebut tergusur.

Setelah saya mulai mengabaikan tentang fanfiksi, sekitar bulan Desember atau Januari 2010, saya kembali menemukan fanfic dari Ragnarok Online. Bedanya kali ini di internet ketika saya iseng mencari cerita tentang Ragnarok Online (iya, ceritanya dan asal-usulnya karena saya dulu cuman main jadi Swordsman tanpa tahu asal-usulnya). Fanfic itu bercerita tentang PVP di Izlude kalau nggak salah, dan saya lupa karakter utamanya siapa. Saya lalu melihat sumber cerita tersebut, dan ternyata dari Fanfiction.net. Saya lalu iseng ke warnet (karena saya belum punya modem pula jaman itu) dan mencari situs tersebut. Berhasil? Iya, berhasil, tapi saya nyasar di bagian crossover dengan indahnya(?). Saya nyasar di crossover fandom Eyeshield 21 dengan fandom-fandom lain. Saya ke fandom Eyeshield 21 karena saya sedang mencari fanfic HiruMamoOTP saya pas SMP. Mungkin karena kejeniusan tak berdasar(?) saya, saya nyasar ke situ dan menemukan fanfic berbahasa inggris SEMUA.

AHAHAHAHARIBEGOAHAHAHA.

Saya yang memang belum hobi baca cerita berbahasa inggris langsung kebingungan dan langsung menutup situs tersebut. Trauma. Dan lalu saya berpikir kalau di FFn itu cuma ada fanfic berbahasa inggris. Setelah itu saya melupakan tentang fanfiction lagi. Tapi sepertinya, jodoh nggak akan lari kemana. Saya dipertemukan kembali dengan fanfiction beserta situsnya, FFn, oleh media pencari paling populer, Google.

Kronologisnya begini. Tanggal 1 Juni 2010, saya sedang gelundungan nggak ada kerjaan di kamar karena saya sedang libur setelah dinyatakan lulus SMP waktu itu. Nah, karena nggak ada kerjaan itulah, saya langsung iseng browsing sesuatu di Google lewat handphone. Awalnya saya iseng nyari tentang OTP sayaHiruMamo. Karena merasa kurang puas dengan hasil pencarian tersebut, saya lalu mencari tentang Hiruma Youichi, sang Commander from Hell. Eh, nggak puas juga. Saya ganti nyari Mamori Anezaki, sang anggota Komite Kedisiplinan. Eh, ketemu hasil yang 'agak sesuatu'. Saya nggak merhatiin link sumber hasil tersebut. Dan ketemulah saya dengan sebuah fanfic berjudul Me and Him karya Asaba Yuuki dengan karakter Hiruma Youichi dan Sena Kobayakawa. Slash lagi? O tidak. Genre-nya Friendship/Angst, tanpa nyerempet ke BL kokkayaknya; saya lupa. Ohdan character death juga. Saya langsung di chapter tiga waktu itu dimana ada adegan Mamori nangis dan marah-marah ke Hiruma karena Sena mati gara-gara Hiruma. Saya baca terus sampai chapter lima. Setelah selesai, saya merasa pengen baca lagi, dan mendadak trauma(?) saya hilang.

Saya lalu segera meng-klik link bertuliskan Eyeshield 21, dan taraaaaaaa saya menemukan cukup banyak fanfic berbahasa macam-macam di sana. Merasa bahagia karena ada bahasa Indonesia juga, saya langsung meng-klik beberapa fanfic di sana. Pertama, judulnya To be with you karya dizzichi. Saya suka ceritanya ngomong-ngomong. Saya senyum-senyum sendiri pas baca dan agak ngakak membaca sikap romantis Hiruma. Kedua, judulnya Saikyoudai's Side Story karya karin-mikkadhira. Ceritanya juga bagus meskimenurut pengakuan sang author sendiriagak menyinet. Tapi saya juga ngakak karena aksi Hiruma yang romantis. Beneran, saya dulu nggak bisa mbayangin Hiruma lovey-dovey-an. Sayangnya fanfic ini waktu itu masih to be continued, jadinya saya hanya nunggu update-nya saja. Dari fanfic miliknya Karin ini, saya jadi kepikiran untuk menulis fanfic juga. Makasih, Karin :'3. Ketiga, judulnya You Return? karya Neary Lan. Dari judul dan narasi di awal cerita, plot-nya udah ketebak sih; Hiruma mati dan lalu ketemu sama seseorang yang mirip Hiruma cuma beda sifat. Karena berhubung 2 fanfic yang saya sebut terakhir itu pada belum tamat waktu itu (bahkan yang terakhir itu juga belum tamat dan saya masih menanti update-annya dari Kak Lan), saya lalu menggunakan fungsi sortir ke bagian HiruMamo, Bahasa Indonesia dan bagian Complete, dan taraaaa saya menemukan sekitar 112-an fanfic. Wao camilan sehat di malam hari kala itu *w*)b (saya membacanya ketika malam hari sambil ngalong waktu itu XP).

Karena tidak puas hanya bagian yang complete aja, saya lalu kembali mencari yang bagian In-Proggress. Saya menemukan beberapa fanfic yang bagus-bagus dan yang sampai sekarang belum tamat juga, mana author-nya hiatus pula T___T. Oya, ada satu lagi fanfic bagus, HiruMamoIkkyu sih tapi bagus dan bikin saya ngakak gegara baca chapter 11-nya yang ada parodi lirik Kotak yang Masih Cinta. Judulnya Confession, Once more with Selfconfidence. Sayangnya, fanfic itu di-delete dan link-nya mati ketika saya mencoba me-reload-nya lagi. Padahal ceritanya bagus dan seru lho, dan udah sampai klimaks pula T______T.

Ngomong-ngomong, kerjaan saya di FFn ini sebenarnya silent reader karena saya nggak bisa me-review waktu itu (belum tahu fasilitas anon di sana), dan saya belum punya akun Fanfiction.net. Tapi saya juga bukan silent reader biasa sih. Saya juga sudah mencoba membuat fanfic dan saya taruh di notes FB dulu sekitar bulan Juli sepertinya. Tapi fanfic tersebut sudah saya hapus dari notes FB dan saya pindah di blog ini (search aja yang berlabel Fanfic Gaje). Saya juga sebenarnya stalker dari para author yang terdahulu. Iya, stalking profile-nya sampai akun FB-nya; tapi nggak saya add. Baru setelah sekitar bulan September awal, saya membuat akun Fanfiction dan juga Fiction Press. Awalnya saya hanya mem-publish di FPs, tapi pas bulan 24 Nopember 2010, saya resmi menjadi author di FESI dengan fanfic debut hasil rombakan tugas cerpen saya di sekolah #dor.

Nah, dari awal  pertemuan itulah, akhirnya hidup saya menjadi lebih berwarna dan membuat saya menjadi lebih ceria (karena sebelumnya saya emang jarang merasa ceria sih). Fanfiksi, saya sangat berterima kasih kepadamu karena telah membawa saya ke dunia khayal yang luar biasa :")

Sampai jumpa di post berikutnya.

Ci vediamo.

Sincerely,

Hikari Kou Minami.

Share:

0 comments:

Posting Komentar